Senin, 22 Desember 2008

TRI PUSAT PENDIDIKAN

TRI PUSAT PENDIDIKAN


BAB I
PEMBAHASAN


1. Pendidikan Didalam Keluarga
Keluarga adalah inti masyarakat. Disinilah anak didik mengenali kehidupan dan pendidikannya. Keadaan anak didik sebelum lahir telah ditentukan oleh faktor-faktor keturunan atau warisan yang didukung oleh keluarganya,mengenai kejasmanian dan kerokhaniannya,kemudian dengan kelahirannya dimulailah pengaruh-pengaruh luar yang menghambat ataupun menyuburkan benih-benih yang ada.
Tetapi perlu diingat bahwa orang tua adalah pendidikan pertama yang menanamkan dasar-dasar bagi perkembangan jiwa anaknya. Anak menyerap apa yang disajikan disekitarnya. Ia adalah peniru yang peka, ini tampak dalam bahasa anak. Disinilah orang-orang tua harus berhati-hati dalam pemakaian bahasanya sehari-hari dan juga tingkah lakunya. Kebiasaan dalam pemuasaan kebutuhannya sehari-hari adalah peniruan dari orangtuanya dan akan mempengaruhi perkembangan pribadi anak.
Orangtua harus memperhatikan kehidupan sekolah anaknya,walaupun tidak berarti mengoreksi pekerjaannya,melainkan cukup memberi perhatian saja terhadap pengalaman-pengalaman anaknya,menghargai usaha-usaha anaknya. Suatu hal yang terpenting dimana orangtua harus menunjukan kerjasamanya ialah dalam cara anak belajar dirumah,membuat pekerjaan rumahnya. Perlu diketahui bahwa anak didik memerlukan waktu untuk itu semua,dan jangan disibuki dengan tugas-tugas berat dalam keluarga. Tetapi bukan maksudnya pula bahwa orangtua membantu membuat pekerjaan rumanya,cukup dengan mengadakan pemeriksaan sekedar atau menjadi sumber jawaban pertanyaan-pertanyaan. Dengan demikian anak akan dengan senang hati melakukan pekerjaan sekolahnya dirumah.

2. Pendidikan Didalam Masyarakat
Masyarakat ialah sekumpulan orang yang menempati suatu daerah diikat oleh pengalaman-pengalaman sama memiliki jumlah persesuaian dan sadar akan persatuannya dan dapat bertindak bersama untuk mencukupi krisis kehidupannya. Masyarakat seluas dengan kemajuan-kemajuan kebudayaan sehingga akhirnya seluruh dunia merupakan masyarakat tersendiri. Kita dapat terikat dalam berbagai masyarakat.
Tugas masyarakat dalam pendidikan
1.Mengawasi pendidikan
Negara dan masyarakat mengadakan pengawasan terhadap pendidikan formalnya agar tetap membantu cita-cita masyarakat. Sekolah adalah alat untuk mengubah watak masyarakat.

2.Masyarakat tidak hanya membeayai
Masyarakat tidak hanya membeayai tetapi juga memilih siapa-siapa yang akan diserahi tugas pendidikan itu. Siapapun diminta bantuannya untuk pendidikan masyarakat.
Negara dan masyarakat mengadakan pengawasan terhadap pendidikan formalnya agar tetap membantu cita-cita masyarakat. Sekolah adalah alat untuk mengubah watak masyarakat

3.Mengajukan alat-alat pendidikan informil
Masyarakat juga menyediakan berbagai tempat pendidikan informal seperti; meseum,perpustakaan,panggung–panggung kesenian,musik drama, kebun binatang,dll
Lapangan pendidikan kesehatan digiatkan oleh badan-badan kesehatan dan majalah-majalah menyajikan berbagai bantuan yang cukup banyak, alat-alat penerangan lain seperti radio, surat kabar, film semua menjadi alat pendidikan informal bagi pendidikan oleh masyarakat.

3. Pendidikan Didalam Sekolah
Sekolah mempunyai tugas dalam masyarakat sebagai pemeliharaan kebudayaan masyarakat, dan membawakan kepada angkatan mudanya. Segala peninggalan-peninggalan dan kekayaan masyarakat diliyerkan oleh sekolah kepada anaknya. Munkin ada sekolah yang mengikuti aliran sendiri, tetapi itu diluar tugas pengabdianya kepada masyarakat. Pembandingan objektif dan tidak memihak tentang bernagai pandangan-pandangan lebih dapat diterima untuk menolong anak didik berfikir sesuai dengan kepentingan kemajuan masyarakat.
Pendidik didalam tugasnya dikelas dapat turut melakukan bimbingan dalam cara mengajarnya. Pendidik tidak hanya menginginkan anak didik menguasai bahan-bahan pelajaran saja,melainkan juga dalam pelaksanaannya dalam kehidupan sehari-hari. Hubungan antara pendidik dengan anak didik hendaknya merupakan kesempatan yang baik untuk mengadakan bimbingan,mengenali kekuatan dan kelemahan anak didik, memajukan cara belajar, merasakan kepuasan dan memupuk jiwa yang baik. Bila bimbingan ini baik kurangnya kesukaran yang dialami anak didik.

Adapun masalah-masalah dalam pelaksanaan pendidikan:
a.Kewibawaan
Pengakuan secara sukarela,terhadap pengaruh yang datang dari orang lain
b.Tanggung jawab
Tanggung jawab disini adalah bertanggung jawab atas pendidikan anak

c.Alat dan faktor
Keadaan yang ikut serta menentukan behasilnya pendidikan disebut faktor pendidikan,sedangkan alat pendidikan adalah langkah-langkah yang diambil demi kelancaran proses pendidikan. Alat-alat pendidikan yaitu:
1.Alat preventif : alat yang bersifat pencegahan
2.Alat Refresif : bertujuan untuk menyadarkan kepada yang benar
d.Hukuman dan ganjaran
e.Motivasi belajar
Kekuatan-kekuatan yang memberikan dorongan kepada kegiatan belajar murid.

BAB II
KESIMPULAN

A. Tri Pusat pendidikan itu ada 3,yaitu:
1. Pendidikan dilingkungan keluarga
Keluarga adalah inti masyarakat. Disinilah anak didik mengenali kehidupan dan pendidikannya. Keadaan anak didik sebelum lahir telah ditentukan oleh faktor-faktor keturunan atau warisan yang didukung oleh keluarganya,mengenai kejasmanian dan kerokhaniannya,kemudian dengan kelahirannya dimulailah pengaruh-pengaruh luar yang menghambat ataupun menyuburkan benih-benih yang ada.
Bahwa orang tua adalah pendidikan pertama yang menanamkan dasar-dasar bagi perkembangan jiwa anaknya. Anak menyerap apa yang disajikan disekitarnya. Ia adalah peniru yang peka, ini tampak dalam bahasa anak. Disinilah orang-orang tua harus berhati-hati dalam pemakaian bahasanya sehari-hari dan juga tingkah lakunya. Kebiasaan dalam pemuasaan kebutuhannya sehari-hari adalah peniruan dari orangtuanya dan akan mempengaruhi perkembangan pribadi anak.

2. Pendidikan didalam masyarakat
Masyarakat ialah sekumpulan orang yang menempati suatu daerah diikat oleh pengalaman-pengalaman sama memiliki jumlah persesuaian dan sadar akan persatuannya dan dapat bertindak bersama untuk mencukupi krisis kehidupannya. Masyarakat seluas dengan kemajuan-kemajuan kebudayaan sehingga akhirnya seluruh dunia merupakan masyarakat tersendiri. Kita dapat terikat dalam berbagai masyarakat.
Tugas masyarakat dalam pendidikan
Mengawasi pendidikan
Masyarakat tidak hanya membeayai pendidikan tetapi juga memilih siapa-siapa yang akan diserahi tugas pendidikan itu.
Mengajukan alat-alat pendidikan informil

3. Pendidikan didalam sekolah
Sekolah mempunyai tugas dalam masyarakat sebagai pemeliharaan kebudayaan masyarakat, dan membawakan kepada angkatan mudanya. Segala peninggalan-peninggalan dan kekayaan masyarakat diliyerkan oleh sekolah kepada anaknya. Mungkin ada sekolah yang mengikuti aliran sendiri, tetapi itu diluar tugas pengabdianya kepada masyarakat. Pembandingan objektif dan tidak memihak tentang bernagai pandangan-pandangan lebih dapat diterima untuk menolong anak didik berfikir sesuai dengan kepentingan kemajuan masyarakat.

B. Adapun masalah-masalah dalam pelaksanaan pendidikan:
a.Kewibawaan
Pengakuan secara sukarela,terhadap pengaruh yang datang dari orang lain
b.Tanggung jawab
Tanggung jawab disini adalah bertanggung jawab atas pendidikan anak

c.Alat dan faktor
Keadaan yang ikut serta menentukan behasilnya pendidikan disebut faktor pendidikan,sedangkan alat pendidikan adalah langkah-langkah yang diambil demi kelancaran proses pendidikan. Alat-alat pendidikan yaitu:
1.Alat preventif : alat yang bersifat pencegahan
2.Alat Refresif : bertujuan untuk menyadarkan kepada yang benar

d.Hukuman dan ganjaran
e.Motivasi belajar
Kekuatan-kekuatan yang memberikan dorongan kepada kegiatan belajar murid.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar